http://mediamahasiswa.com/wp-content/uploads/2013/03/ikom.jpg
Prodi Ilmu Komunikasi UMM. Pada tahun 2013 Prodi Ilmu Komunikasi berhasil
MEMPERTAHANKAN akreditasi A berdasar Surat dari Badan Akreditasi Nasional
Perguruan Tinggi (BAN-PT) 106/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/IV/2013. Hal ini melengkapi capaian
akreditasi institusi yang juga bernilai A. Pretasi lain, Prodi ini juga
mendapatkan predikat Prodi terbaik tingkat universitas.
Prodi Ilmu
Komunikasi UMM menjadi salah satu Prodi di lingkungan UMM yang diandalkan.
Hal ini terlihat dari animo mahasiswa baru yang terus meningkat setiap tahun.
Tidak itu saja, materi kurikulum yang terus disesuaikan dengan perkembangan
zaman, tetapi juga mempunyai ciri khas yang tidak dipunyai Prodi Ilmu
Komunikasi di Indonesia. dalam aktualisasinya Prodi ini mengusung gerakan
Literasi Media (Media Literacy). Setiap proses belajar mengajar dan kegiatan
akademis berada dalam payung Literasi Media itu.
Gairah sivitas
akademika juga sangat terlihat.Di tingkat mahasiswa, Prodi ini memiliki
kelompok peminat kajian. Misalnya ada PR Club dan Eskalator (peminat kajian
Public Relations), Journalistic Club (peminat kajian jurnalistik), AV Club
(peminat kajian Audio Visual), Kociris (peminat kajian Riset Komunikasi),
disamping ada Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) dan Jurnalistik Fotografi
Club (Jufoc).
Sementara itu,
di tingkat dosen, ada banyak tulisan yang tersebar di media cetak dan online
serta buku-buku komunikasi dihasilkan. Semua ini akan menambah kekuatan Prodi
dalam mengantarkan mahasiswa di di lapangan kerja nanti. Kajian keislaman dan
muatan mata kuliah bermuatan Islam juga menjadi kekuatan yang penting.
Jurusan ini
memiliki tiga peminatan, yaitu Public Relations, Jurnalisme, serta Komunikasi
Audio Visual. Secara periodik reformasi kurikulum dilakukan untuk menyesuaikan
dengan perkembangan ilmu dan dunia profesional di bidang komunikasi. Proses
belajar mengajar menggunakan peralatan multimedia dengan penekanan pada
kompetensi konseptual, manajerial dan teknikal.
Guna
meningkatkan skill dan mewadahi bakat mahasiswa, Jurusan Komunikasi menyediakan
fasilitas laboratorium yang lengkap dan representatif, meliputi lab ruang
produksi, siaran TV, studio recording, mini teather, ruang simulasi PR, stasiun
radio, studio fotografi, komputer multimedia dan desain grafis.
Sedangkan untuk
meningkatkan standing academic mahasiswa, terdapat beberapa kegiatan
komplementer, seperti seminar, kuliah tamu, studi banding, dan melibatkan
mahasiswa dalam penelitian dosen. Kegiatan mahasiswa sangat dinamis dalam upaya
pengembangan minat dan bakat seperti: JUFOC (Jurnalistic Fotography Club),
HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Komunikasi), dan Kine Club (Kelompok Pecinta
Sinematografi), PR Club, Journalistic Club, adalah contoh beberapa wadah
aktivitas mahasiswa yang sudah memiliki reputasi nasional dan internasional.
Kegiatan kemahasiswaan yang mengarah pada keterampilan profesi komunikasi
sering meraih prestasi, di antaranya juara debat PR, kompetisi film dokumenter
“Eagle Awards Metro TV”, penulisan buku jurnalistik dan studi media, dll.
Alumni jurusan ini banyak terserap di institusi media massa stasiun TV,
radio, konsultan PR, dan institusi pemerintah dan swasta lainya.
Visi :
Menjadi jurusan yang unggul dan berdaya saing
dalam pengembangan keilmuan dan keterampilan dibidang
komunikasi, berdasarkan nilai-nilai Islam.
Misi :
- Menyelenggarakan pendidikan untuk pengembangan pola pikir, wawasan dan
ketrampilan mahasiswa dibidang ilmu komunikasi yang beroreantasi pada
gerakan media literacy.
- Memajukan aktifitas penelitian dikalangan dosen dan mahasiswa mengenai
permasalahan masyarakat yang berdimensi komunikasi.
- Melaksanakan pengabdian di bidang komunikasi yang berorientasi pada
pemberdayaan masyarakat.
- Mengintensifkan aktifitas pelatihan di bidang public
relations, komunikasi audio visual, serta jurnalistik.
- Menyelenggarakan kerja sama dengan berbagai pihak dalam kerangka
perkembangan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi komunikasi secara
kelembagaan
Tujuan :
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi public relation,
komunikasi audio visual, serta jurnalistik dan studi media.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki akses pada berbagai pihak yang
relevan untuk meningkatkan kinerja lembaga dan jalinan kerja sama.
- Menghasilkan karya penelitian berdimensi komunikasi yang berdaya guna
bagi masyarakat akademik dan umum
- Menghasilkan lulusan yang berkomitmen pada pemberdayaan masyarakat
berbasis media literacy.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar