Rabu, 01 Oktober 2014

KABUPATEN TULUNGAGUNG


            Kabupaten Tulungagung adalah Salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur , Indonesia . Tulungagung terkenal sebagai salah satu daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia , dan terletak 154 km barat daya kota Surabaya , Ibu kota Provinsi Jawa Timur.
            Selain Tulungagung terkenal sebagai salah penghasil marmer terbesar di indonesia yang bersumber di bagian selatan Tulungagung , Tulungagung juga termasuk salah satu pusat industri marmer di indonesia,dan terpusat di selatan Tulungagung tepatnya di kecamatan Campurdarat yang di dalamnya banyak terdapat perajin marmer.

            Selain itu Tulungagung juga terkenanl dengan objek wisatanya diantaranya adalah :

1.   1.   Waduk Wonorejo

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgq_Fw4VcmO27pFixd6VQE52Xn1hcO4jncbjyIjkSeYnnyl-vCfO_ivk4qFuqcbW6Lm3Sicrpppf5X6qkYfDKCpDKO8rvv90fcMqKTTgdl7_9r2t_Mlpulo04l20arYxZ7fsLxfnZaBIog/s1600/wonorejo19.JPG



Waduk Wonorejo adalah waduk terbesar di Asia Tenggara dengan debit 15.000 m3 per detik. Selain berfungsi sebagai PLTA dan sebagai irigasi, Waduk Wonorejo juga diperkenalkan sebagai obyek "journey" yang menyuguhkan kenyamanan dan ketersediaan fasilitas rekreasi. Dalam konsepnya Waduk Wonorejo dimaksudkan untuk penyuplai air bersih baik untuk kawasan Tulungagung maupun sekitarnya, sebagai sarana irigasi di daerah Pagerwojo dan sekitarnya, dan sarana penggerak turbin untuk menghasilkan energi listrik.

2.    2.  Pantai Popoh

http://www.eastjava.com/tourism/tulungagung/images/popoh.jpg

Pantai Popoh, adalah salah satu obyek wisata pantai yang terletak di Tulungagung, tepatnya di pesisir Samudra Hindia, 30 Km sebelah selatan kota Tulungagung.
Pantai yang langsung berhadapan langsung dengan laut Bebas Samudera Hindia ini memang banyak menawarkan keeksotikan keindahan panorama pantai, baik wisata bahari maupun keindahan deburan ombaknya.

3.    3.  Pantai Coro

http://1.bp.blogspot.com/-zNKx6yIgSNs/URXW_edh8qI/AAAAAAAAAS8/2Gg

Pantai Coro Apa yang menarik dari pantai ini? Pantai yang memiliki panjang sekitar 400 meter, pasirnya berwarna putih, bersih, dan lembut. Menjadikan Pantai Coro tidak kalah dengan pantai lain yang ada di Jawa Timur. Selain itu daya tarik lain pada pantai yang berjarak sekitar 1,5 km timur padepokan "Retjo Sewu" adalah keberadaannya yang masih natural, belum banyak tergarap, serta ombak pantai juga tidak terlalu besar.

4.    4.  Candi Sanggrahan

http://budparpora.files.wordpress.com/2009/10/sanggrahan.jpg
Candi Sanggrahan terletak di Dusun Sanggrahan, Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu. Secara umum kompleks Candi Sanggrahan terdiri atas sebuah bangunan induk dan dua buah sisa bangunan kecil lainnya. Bangunan induk menggunakan batuan andesit dengan isian bata. Bangunan induk berukuran panjang 12,60 m, lebar 9,05 m, dan tinggi 5,86 m. Bangunan ini terdiri atas empat tingkat yang masing-masing berdenah bujursangkar dengan arah hadap ke barat.

  

5.  5.   Candi Penampihan

 
http://www.tulungagung.go.id/images/candi-penampihan.jpg

Candi Penampehan yang terletak dilereng Gunung Wilis, Dusun Turi Desa Geger kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung merupakan candi Hindu kuno peninggalan kerajaan Mataram kuno dibangun pada tahun saka 820 atau 898 Masehi. Arti penampehan itu sendiri konon berasal dari Bahasa Jawa yang berarti antara penolakan dan penerimaan yang bersyarat demikian tafsirnya.
6.  
            Selain terkenal dengan objek wisata Tulungagung juga mempunyai beberapa kesenian khas yang bisa menjadi magnet untuk mengangkat pariwisata Tulungagung diantaranya :

1.     1. Tiban

http://masdakir.com/wp-content/uploads/2012/11/Tiban-@Blitar.jpg
Tiban, merupakan suatu permainan dua orang saling cambuk mencambuk. Cambuk yang dipergunakan tersebut dari lidi aren juga diancam (dipintal). Inti permainan ini adalah latihan keberanian, tetapi umumnya permainan ini dimainkan bersamaan dengan upcara "meminta hujan". Kita memang tidak dapat menunjukkan dari zaman apa tarian/permainan ini asal mulanya.



2.     2. Manten Kucing
 
http://i.infospesial.net/200x200/p/2014/02/2eef7-manten-kucing.jpg
Ritual “Temanten Kucing” yang digelar warga Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, tak bisa dilepaskan dari tradisi nenek moyang mereka. Tradisi itu merupakan bagian dari upaya warga untuk memohon turunnya hujan manakala terjadi musim kemarau panjang.
3.    3.  Tayub (Lelangen Beksa)

http://baltyra.com/wp-content/uploads/2012/02/tayub2.jpg
Anggapan Tayub sebagai tarian mesum merupakan penilaian yang keliru. Sebab, tidak seluruh Tayub identik dengan hal-hal yang negatif. Dalam Tayub, ada kandungan nilai-nilai positif yang adiluhung. Selain itu, Tayub juga menjadi simbol yang kaya makna tentang pemahaman kehidupan dan punya bobot filosofis tentang jati diri manusia. 

4.     4. Reog Tulungagung


http://www.tulungagung.go.id/images/reog-tulungagung.jpg
Reog Tulungagung merupakan gubahan tari rakyat, menggambarkan arak-arakan prajurit Kedhirilaya tatkala mengiringi pengantin “Ratu Kilisuci“ ke Gunung Kelud, untuk menyaksikan dari dekat hasil pekerjaan Jathasura, sudahkah memenuhi persyaratan pasang-girinya atau belum. Dalam gubahan Tari Reog ini barisan prajurit yang berarak diwakili oleh enam orang penari.

        Selain memiliki Kebudayaan khas Tulungagung , Tulungagung juga memiliki jajanan khas (Wisata Kuliner) Tulungagung diantaranya :
1.     Jajanan khas Tulungagung
  • Sate dan Gule Kambing, Sate Tulungagung berbeda dengan sate Madura dan sate Ponorogo, yang bumbunya mengandung kacang, tetapi memakai bumbu garam, merica, petis, kecap dan ditaburi irisan bawang merah dan daun jeruk. Sehingga rasanya memang khas Tulungagungan.
  • Nasi Lodho Tulungagung, Ayam dimasak kuah dengan bumbu kuning
  • Sredek, Makanan yang terbuat dari gethuk ketela putih putih, kemudian digoreng. Biasa dimakan dengan tempe goreng dan cabe mentah (sebagai lalap), adalah makanan khas Tulungagung selatan.
  • Kemplang, makanan yang terbuat dari ketela yang diparut dikasih bumbu-bumbu dibentuk pipih diatasnya dikasih kacang lotho lalu di goreng itu juga makanan khas tulungagung
  • Emping Melinjo, makanan ini terbuat dari biji blinjo yang dipipihkan
  • Kerupuk Gadung
  • Soto Ayam Kampung Tulungagung Warung terlaris ada di Sepanjang jalan Perempatan Cuiri ke selatan
  • Nasi pecel Tulungagung
  • Sompil, Lontong diiris dicampur sayur lodeh
  • Lopis, makanan seperti lontong biasanya dicampur cenil, gethuk dikasih larutan gula merah
  • Cenil Yang dibuat dari tepung ketela digiligkan biasanya buat tambahan getuk
  • Kerupuk Rambak Tulungagung Produksi kulit sapi terbanyak di seputaran Botoran Panggungrejo kota, Sembung.
  • Gethuk, singkong rebus yang dihaluskan dan dicampur dengan gula ditaburi parutan kelapa diatasnya
  • Srondeng, parutan kelapa digoreng kadang-kadang buat campuran dendeng sapi
  • Jenang sabun Jenang yang dimakan kenyal
  • Jenang Grendol, makanan terbuat dari tepung kanji
  • Geti, terbuat dari wijen kadang-kadang dicampur kacang
  • Kopi Cethe, ampas kopi yang dijadikan bahan pengoles rokok
2.     Makanan khas Tulungagung
  • Tape bakar, biasa ada di pinggir-pinggir jalan Kota Tulungagung. 
  • Krupuk / Opak rambak. 
  • Sompel Tulungagung (lontong + lodeh). 
  • Jenang abang, jenang putih, jenang grendul. 
  • Sambel Tumpang. 
  • Pecel. 
Nah itulah sedikit Ulasan tentang Tulungagung. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar